Rabu, 01 Februari 2012

Berbagai Istilah Rapat

Rapat adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk membahas sesuatu.
Rapat dinas adalah rapat yang diselenggarakan untuk membahas masalah kedinasan atau  jawatan.
Rapat kerja adalah rapat yang diselenggarakan oleh instansi atau organisasi untuk membahas dan menyeleseikan tugas yang berkaitan dengan cara tertentu.
Rapat anggota adalah rapat yang diikuti oleh anggota organisasi.
Rapat umum adalah rapat berkala ( tahunan atau dwitahunan ) yang dapat diikuti oleh semua anggota organisasi untuk membahas kepentingan umum demi lancarnya organisasi ; juga merupakan tempat pengurusnya memberikan pertanggungjawaban.
Sidang adalah rapat atau dewan.
Sidang umum adalah sidang yang bersifat terbuka, artinya dapat diikuti oleh umum.
Sidang terbatas adalah sidang yang hanya mengundang beberapa anggota dewan.
Sidang pleno adalah sidang yang diikuti oleh semua bagian atau komisi dewan.        Musyawarah adalah rapat yang sifatnya mencari mufakat atau kata sepakat.
Konferensi adalah pertemuan yang diselenggarakan oleh organisasi untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai masalah yang sedang dihadapi bersama.
Kongres adakah pertemuan yang diikuti para wakil organisasi atau golongan pelbagai kelompok masyarakat dan yang diselenggarakan secara berkala untuk membahas dan mengmbil keputusan mengenai masalah yang menyangkut kepentingan bersama.
Muktamar adalah kata lain untuk konferensi.
Simposium adalah pertemuan yang membahas satu masalah atau beberapa masalah yang berkaitan, yang diajukan oleh pengantar diskusi yang merupakan ahli dibidangnya.
   Diskusi panel adalah pertemuan yang mendiskusikan suatu topik yang menjadi perhatian umum ( topik aktual ).

0 komentar:

Posting Komentar